Minggu, 07 April 2013

Festival Jailolo aku dataaaaaaaang ;)

Rasanya seperti bermimpi, jika mei 2013 nanti saya bisa ikut bermain dan juga meramaikan acara Festival Jailolo yang sudah rutin diadakan sejak beberapa tahun lalu. Berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini Festival Teluk Jailolo  bekerja sama dengan Wego Indonesia memberikan sebuah kejutan menarik sebuah blog contest yang pemenangnya akan diberangkatkan ke Halmahera Barat dengan GRATIS!


Kira-kira siapa yang belum pernah mendengar tentang acara Festival Teluk Jailolo? Ini merupakan kegiatan pariwisata yang diselengarakan pemerintah daerah Halmahera Barat setiap tahun sejak 2009. Kegiatan ini bertujuan memperkenalkan potensi wisata bahari dan budaya kepada masyarakat luas sehingga pariwisata makin dilirik wisawatan asing. Miris melihat kenyataan yang ada saat ini bahwa lebih banyak masyarakat Indonesia yang kurang mengenal negerinya sendiri. Penyebabnya adalah kurangnya eksplorasi media atas keindahan alam Indonesia. Salah satu contoh nyatanya adalah saya. Walaupun festival ini sudah diadakan sejak dari tahun 2009, tapi saya baru mengetahuinya sekitar tahun 2011 melalui media twitter. Ketika saya melihat info tersebut, saya tertarik untuk mencari tahu lebih jauh di websitenya. Dan ternyata agenda acaranya sangaaaat menarik dan membuat saya ingin langsung terbang dan mendarat disana. 

Cabaret On The Sea adalah salah satu kegiatan yang ingin sekali saya lihat pada waktu itu. Dari namanya saja, saya sudah bisa membayangkan betapa indah dan cantiknya perpaduan antara budaya dan alam yang tersaji saat itu. Tapi sangat disayangkan ketika saya melihat info tersebut, acaranya sudah terlanjur berlangsung. Jadi saya hanya bisa menikmati dari kejauhan lewat livetwit atau pun berita yang di publish oleh beberapa channel berita. Saat ini twitter menjadi media paling cepat untuk memberikan berbagai informasi menarik, yang bisa langsung diakses oleh jutaan orang. Membuka account twitter Jailolo adalah salah satu usaha yang tepat untuk menarik dan meningkatkan jumlah wisatawan. Mari kita lihat, sekilas tentang Festival Teluk Jailolo


Sebagai pecinta wisata bahari, saya selalu ingin menyempatkan diri untuk menikmati hidup dengan memanjakan mata dengan keindahan alam Indonesia. Setiap tahun saya selalu mewajibkan perjalanan yang berhubungan dengan air. Apa karena saya memiliki zodiak aquarius, jadi saya lebih senang bermain dengan air daripada yang lainnya? hehehehe. Indonesia bagian timur adalah bagian paling seksi dari keseluruhan Indonesia. Mengapa saya bisa mengatakan seperti itu? Karena kebetulan saya 2 kali berturut-turut sengaja datang untuk menjelajah daerah Lombok yang belakangan ini mulai naik daun. 

Propinsi Maluku Utara adalah salah satu tempat impian yang sangat ingin saya kunjungi. Rasanya seperti menemukan kedamaian tersendiri ketika saya menikmati pesona alam Indonesia. Itulah sebabnya saya merasa seperti terus terpanggil untuk menjelajah alam Indonesia yang sering membuat saya tak bisa berkata-kata :). Apalagi semenjak memiliki kamera GOPRO sejak 2 tahun lalu, hasrat jalan-jalan pun terus mengalir dalam diri saya. Rasanya sayang sudah memiliki kamera multifungsi tapi tidak dipergunakan dengan maksimal. Ada banyak tempat yang ingin saya kunjungi selama berada di Halmahera, termasuk mengabadikan dalam bentuk foto yang tentunya akan diposting diberbagai sosial media yang saya miliki dan juga video dengan hasil yang melengkung-melengkung manis seperti ciri khas dari gopro ;).

Terbayang bagaimana menariknya keindahan alam yang dipadukan dengan budaya setempat. Dari mulai datang akan disuguhi dengan Pembukaan Festival Teluk Jailolo berupa acara Ritual Laut, Sigofi Ngolo. Terbayang perpaduan warna biru langit yang sangat cantik dan juga birunya lautan dengan suara debur ombaknya yang khas. Ditambah dengan warna perahu yang berjejer disepanjang Jailolo, juga warna baju para penari serta masyarakat sekitar yang ikut hadir, membuat Jailolo terlihat sangat seksi pada hari itu. Kemudian menyaksikan lomba dayung, hiburan budaya dan berbagain tarian menjadi pelengkap yang membuat hariku menjadi semakin berwarna. Gak lupa dengan acara bermain air dan snorkling menjadi salah satu sesi yang saya tunggu. Saya belum pernah menikmati keindahan bawah lautnya Sulawesi. Ga lupa casing underwater selalu saya siapkan disetiap perjalanan. Byuuuurrr!!  Betapa inginnya menjatuhkan badan dihamparan birunya Jailolo. Belum lagi kesempatan untuk melihat sunrise diatas Bukit Senyum Lima Ribu, yang katanya merupakan viewing point dimana kita bisa melihat Teluk Jailolo dll dari kejauhan. Pada acara Festival tahun lalu, dimeriahkan dengan kegiatan bakar ikan terbesar dan terpanjang sekitar 6 kilometer. Waaaaw, kebayang serunya proses pembakaran dan juga acara makan bersama.  Saya sangat percaya, kalau bermain dengan alam dan menikmati keindahan ciptaan tuhan adalah cara terbaik untuk melepas kejenuhan.

Apakah cita-cita saya untuk menginjakkan kaki sambil menikmati keindahan alam sekitar dan juga bawah lautnya Halmahera di Festival Jailolo 2013 bisa terwujud? Mari sejenak berdoa, semoga saya berjodoh dengan Jailolo di tahun ini ;). Doakan saya yaaah! Sampe jumpa di Festival Jailolo 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar